Thursday, March 23, 2017

5 Manfaat Bubuk Kopi Gayo


5 Manfaat Bubuk Kopi Gayo.

Semua orang mungkin pernah melihat bubuk kopi yang belum diseduh menjadi minuman/secangkir kopi. Dalam hal ini yang kami maksudkan adalah bubuk asli kopi gayo dari varietas Arabika, karena berdasarkan pengalaman kami sebagai konsumen bubuk arabika gayo dan jenis bubuk ini yang paling friendly dengan penulis.

Dalam artikel kali ini, penulis mencoba menyampaikan beberapa manfaat bubuk kopi gayo yang mungkin belum diketahui oleh pembaca. Berdasarkan pengalaman kami setidaknya ada 5 manfaat bubuk kopi gayo yang penulis ketahui:

1. Sebagai Penyembuh Luka dan Obat Bisul.
Bubuk kopi, selain dapat dinikmati menjadi minuman sehat, juga dapat menjadi obat penyembuh luka bagi manusia. Caranya ambil satu sendok bubuk halus lalu taburkan keatas luka yang baru atau luka yang sudah lama, niscaya luka akan segera mengering dan lekas sembuh. Sedangkan untuk obat bisul, ambil setengah sendok bubuk kopi gayo dan sesendok minyak zaitun, campurkan kedua bahan tersebut kedalam cawan kecil, aduk sampai rata, lalu poleskan ke sekeliling bisul, niscaya bisul akan segera mengecil atau cepat pecah kalau bisulnya sudah lama.
2. Masker Memperindah Kulit dan Wajah.
Bagi wanita kecantikan merupakan hal yang paling utama menjadi perhatian mereka. Untuk memperindah dan memperhalus serta menghilangkan kerut di wajah, bubuk kopi sangat membantu dan dapat dicoba. Cara membuatnya cukup sederhana, ambil 2 sendok bubuk kopi gayo dan 3 atau 4 sendok makan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut aduk sampai merata, kemudian jadikan masker di wajah dan seluruh tubuh selama lebih kurang 1 jam. Lalu cucilah dengan air bersih. Lakukan setiap malam selama 3 malam. Insya Allah wajah dan kulit anda semakin indah dan cantik bahkan akan nampak semakin muda.
3. Penghilang Bau Tidak Sedap.
Untuk menghilangkan bau tidak sedap sekaligus penetralisir bau yang tidak sedap. Pada mobil ambil tiga sendok beras kopi yang sudah dirosting lalu masukkan kedalam wadah/plastik lubangi kecil-kecil untuk mengeluarkan aroma kopinya, simpan kedalam dashboard atau tempat lain yang tidak terlihat. Sebagai penghilang bau apek di kulkas/lemari es, ambil beras atau bubuk kopi, kemudian masukkan kedalam wadah/stoples kecil, letakkan kedalam kulkas/lemari es. Penghilang bau menyengat durian, masukkan buah durian kedalam karton, lalu tuangkan bubuk kopi ke dalam karton tersebut niscaya bau duriannya akan terserap oleh bubuk kopi.
4. Sebagai Pupuk Tanaman.
Selain berguna bagi manusia, bubuk kopi juga berguna bagi tanaman, jangan buang ampas bubuk kopi gayo, kumpulkan semua ampas kopi lalu taburkan kesekitar tanaman/pokoknya, Insya Allah tanaman akan subur, berbunga dan berbuah lebat.
5. Pembersih Alat Dapur.
Selain kegunaan tersebut diatas bubuk kopi juga dapat berguna untuk membersihkan piring dan alat dapur lainnya dari minyak dan bau bumbu yang melekat di peralatan dapur. Caranya campurkan 3 sendok ampas kopi kedalam sabun lalu pergunakan untuk mencuci piring, niscaya piring akan bersih kesat, berkilat dan harum.

Baca juga: Kopi Gayo Kopi Dunia

Itulah sebahagian manfaat kopi yang dapat penulis sampaikan, disamping masih banyak lagi manfaat penting bubuk kopi dalam kehidupan kita, semoga menjadi bahan tambahan bacaan bagi anda sekalian.


Kopi Agara
ada kopi..ada cerita..


1 comment: